JCADVENTIST.ORG, CIANJUR – Gempa bumi yang mengguncang wilayah Cianjur, Sukabumi, Jawa Barat, berkekuatan 5,6 magnitudo terjadi Senin (21/11/2022) telah membawa duka yang dalam bagi Masyarakat Cianjur, kehilangan orang-orang yang dicintai dan kerugian materil akibat kerusakan bangunan rumah dan fasilitas umum di beberapa kecamatan.

Di hari ketiga setelah gempa Cianjur, Rabu (23/11), pimpinan Konferens DKI Jakarta dan Sekitarnya Pdt. Poltak Sihombing dan tim dari Konferens datang mengunjungi lokasi gempa di Cianjur setelah berkomunikasi dengan gembala jemaat Cianjur, Pdtm. Deddy Iskandar Aritonang tentang situasi dan kondisi di Cianjur. “Setelah terjadi gempa, hari itu juga saya mengunjungi anggota-anggota gereja di rumah-rumah mereka dan Puji Tuhan, seluruh anggota jemaat dalam keadaan baik dan sehat, hanya bangunan rumah yang mengalami kerusakan.” Ujar Pdtm. Deddy.

Berdasarkan informasi dan hasil kunjungan maka Konferens DKI Jakarta langsung membentuk Panitia Relawan Cianjur dipimpin oleh Pdt. Happy Butarbutar, Direktur SS/PP/Pelmas/ASI dan Pdt. Yohanes V. Doloksaribu, Sekretaris Asosiasi Kependetaan Jakarta Local Conference (JC) yang langsung berkoordinasi bersama relawan untuk terjun langsung ke lokasi kejadian.  Mulai dari mengirim ambulans, obat-obatan dan relawan medis pasca gempa melalui Klinik Advent Jakarta untuk pengobatan kepada masyarakat di tiga titik yaitu dusun empat terdiri dari tiga kampung yang saat itu masih belum terlayani, relawan untuk dapur umum yang menyediakan 500 bungkus makan siang selama satu minggu di tiga titik lokasi tersebut, sampai memfasilitasi serta menyediakan terpal bagi relawan, juga selang air untuk penyediaan air bersih di salah satu lokasi bagi warga masyarakat.  Ada juga pembagian sembako bagi penyintas yang dilakukan secara langsung oleh jemaat-jemaat yang berada di area Konferens DKI Jakarta dan juga dari Konferens Jawa Kawasan Barat.

Keberadaan tenaga medis yang terdiri dari tiga dokter, satu bidan serta di bantu juga oleh para relawan utusan Pathfinder beberapa jemaat untuk kegiatan Pelmas Konferens DKI Jakarta selama di lokasi gempa didaftarkan secara resmi ke BNPB oleh Pdtm. Deddy Aritonang mengingat gempa susulan masih terus terjadi sehingga pendaftaran ini diperlukan.  Bekerja sama dengan Pdtm. Orlando Sinambela dari Rumah Sehat, melakukan pemetaan untuk warga yang akan dilayani, namun pusat pelayanan dilakukan di Rumah Sehat sebagai posko utama di desa Wangun Jaya yang telah dibangun oleh Bapak Petronius Saragih tahun 2015 untuk menjadi pusat pengaruh (COI – Center of Influence).

Hari Sabtu (26/11/2022), dilakukan pengumpulan persembahan khusus bencana alam Cianjur, di seluruh gereja di Konferens DKI & Sekitarnya untuk disalurkan secara bertahap ke Cianjur.

Selain dalam bentuk sembako yang dibagikan di posko kp. Bunipasir, posko Sungareun, posko Kp.Tapos, ada kegiatan trauma healing dari Pelayanan Anak-Anak JC untuk anak-anak yang berlokasi di SDN Sungaren, begitu juga bantuan dalam bentuk tunai untuk meringankan beban warga masyarakat dan dalam pembangunan kembali Mesjid.  Hari Rabu (14/12/2022), Tim dari JC datang menyerahkan bantuan sembako di tiga kampung serta bantuan dalam bentuk tunai untuk membantu pembangunan Masjid Jami Nurul Mu’minin di Kp. Buni Pasir.

Dalam keterangan tertulis, Kamis (22/12/2022), kepala dusun yang membawahi tiga kampung, mengatakan: “Alhamdulillah puji syukur kepada Allah, yang telah menggerakkan hati para relawan untuk bersedia datang di kampung kami khususnya di kedusunan empat yang membawahi 2 RW dan 5 RT yang mana tim Advent Peduli telah memberikan bantuan kesehatan, dapur umum yang setiap hari membagi 500 nasi bungkus untuk 5 RT.”

Lebih lanjut kepala dusun yang bernama Asep Abun mengucapkan terima kasih mewakili DKM Masjid atas partisipasi relawan Advent Peduli yang membantu penyintas gempa. “Ucapan terima kasih juga dari DKM Masjid Jami Nurul Mu’minin kepada Relawan Advent Peduli yang telah memberikan bantuan pembangunan masjid, semoga bermanfaat untuk kami warga di sini dan semoga semua kebaikan yangg telah diberikan, Allah yang akan menggantinya. Terima kasih.”  Tutur Asep.

Ucapan terima kasih juga datang dari Ketua Konferens DKI Jakarta dan Sekitarnya, untuk seluruh relawan dan jemaat-jemaat di Jakarta Local Conference yang telah bekerjasama dan telah mendukung agar kegiatan dan bantuan berjalan dengan baik dalam pelaksanaan kegiatan ini.

“Terima kasih untuk semua relawan, terima kasih untuk semua jemaat Tuhan di Konferens DKI Jakarta dan sekitarnya untuk persembahan kasih yang telah diberikan dan kepedulian bagi warga masyarakat di Cianjur, dan terima kasih bagi jemaat-jemaat yang sudah datang langsung membawa bantuan.” Kata Pdt. Poltak Sihombing, kepada jcadventist.org, Jumat (23/12/2022).

 

Leave A Comment