JCADVENTIST.ORG, JATINEGARA – 23/4/2023,- Sebesar 70 persen dari kesukaran-kesukaran dan kegelisahan dalam rumah tangga disebabkan oleh soal keuangan berdasarkan angket penelitian “Ladies Home Jurnal”.

“Apalagi pasca pandemi covid-19 sepanjang tiga tahun terakhir ini banyak terjadi PHK massal. Ekonomi keluarga juga mengalami guncangan,” ujar Lasman Simanjuntak, Ketua Jemaat Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) Jatinegara dalam menyampaikan Bacaan Rumah Tangga berjudul “Ekonomi Rumah Tangga ” dengan ayat inti Lukas 14 : 28-30 serta lagu buka LSEL No.147 di GMAHK Jatinegara pada Sabat pagi (Sabtu, 22 April 2023) dengan protokol Flora Kolondam.

Dalam bacaan Rumah Tangga tersebut disebutkan untuk memperbesar tambahan penghasilan dalam rumah tangga sebagai dampak pandemi covid-19 bisa dilakukan beberapa hal.

Misalnya, menjual benda atau barang-barang bekas yang sudah tak terpakai lagi seperti koran, majalah, dan lain sebagainya.

Atau juga membuat kue yang bisa dijual secara langsung atau melalui online.

“Disarankan juga untuk menambah penghasilan rumah tangga kita dapat berkebun dengan memanfaatkan lahan pekarangan terbatas, atau juga.memelihara ternak,” katanya seraya mengutip tuisan roh nubuat Ellen G. White dalam buku Pendidikan, hal. 214 yang menyatakan “selain menambah penghasilan berkebun sangat baik untuk anak-anak dan orang-orang muda.”

Selain itu juga dapat dilakukan ‘penghematan’ dengan memperkecil (memotong) pengeluaran yang tidak mendesak.

Sebagai kesimpulan bacaan dikutip kembali buku roh nubuat Ellen G. White dalam Membina Keluarga Bahagia. Hal. 361.2 “Tuhan tidak menuntut supaya umat-Nya tidak memakai segala sesuatu bagi kesehatan, dan kesenangan hidup mereka.Tetapi ia juga tidak menyetujui PEMBOROSAN dan perbuatan MEMPERTONTONKAN  apa yang dimilikinya.”(*)

 

Leave A Comment