JLCADVENTIST.ORG, JATINEGARA –  30/4/2023,- “Kebahagiaan itu dapat dicapai jika kesukaan kita ialah TAURAT TUHAN dan yang merenungkannya siang dan malam.Ia seperti pohon yang ditanam di tepi aliran air yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya, apa saja yang diperbuatnya berhasil.Sebagai umat Tuhan kita memang harus tumbuh dan berbuah, yaitu berbuah dalam tabiat Kristus yang akan kita bawa ke surga,” ujar.Pdt.Dr.Syukur Peranginangin, mantan Ketua Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) Uni Indonesia Kawasan Barat (UIKB) dalam khotbah berjudul DIBERKATILAH di GMAHK Jatinegara, Sabat siang (Sabtu, 22 April 2023).

Dengan ayat inti Mazmur 1:1-3, Pdt.Dr.Syukur Peranginangin yang saat ini sebagai dosen Universitas Advent Indonesia (UNAI) mengatakan berbahagia (makarios) adalah juga kebahagiaan yang dikutip Yesus Kristus dalam Matius 5:3-11.

“Pulau Makarios di kawasan Timur Tengah tanah pertaniannya sangat subur, musimnya tepat, turun hujan tak pernah banjir, dan tak merusak tanaman.Makanya muka penduduk Pulau Makarios selalu jernih,” ucapnya.

Kebahagiaan juga bisa kita peroleh dengan tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan tidak duduk dalam kumpulan orang pencemooh.

“Taurat Tuhan itu tersirat di hati kita, akan memberi kekuatan.Sedangkan tentang buahnya bahwasanya orang beragama itu harus berbuah,” katanya.

Sementara apa saja yang dibuatnya berhasil (Mazmur 1:3b) maksudnya adalah satu titik kepuasan, bukan dinilai karena uang saja.

“Kitab Mazmur hanya berisikan tentang orang benar dan orang fasik.Jangan setengah-setengah kita beragama.Sebab dalam Kitab Wahyu kalau kerohanian kita suam-suam kuku akan dimuntahkan,” pungkasnya.

Dalam kebaktian jam khotbah tersebut Protokol Ketua Lasman Simanjuntak membacakan ayat bersahutan Amsal 1:8-10, Doa Syafaat Herry Suharto, Bacaan Persembahan Tomy Elisa, Ayat Inti Mazmur 1:1-3 oleh Bernard Napitupulu, dan dua lagu pujian berturut-turut dibawakan oleh Elfrando Harianja dan Grace Peranginangin dan kawan-kawan.

Sebelumnya pada Sabat pagi, Pdt.Dr.Syukur Peranginangin mempersatukan diskusi pelajaran ke-IV Sekolah Sabat (SS) berjudul TAKUTLAH AKAN ALLAH DAN MULIAKANLAH DIA dengan ayat inti Wahyu 14:12. (*)

 

Leave A Comment