Mini Campore Mount Carmel & Mount Hermon


Mount Carmel Church (MCC) mengadakan Mini Campore di Villa Ayam Jago, Mega Mendung, Bogor (14-16/5/2022).  Acara ini koloborasi antara departemen Pathfinder, Pemuda Advent (PA), dan departemen Rumah Tangga. MCC juga turut menggundang jemaat Mount Hermon untuk ikut serta dalam acara Mini Campore ini.

Mini Campore ini mengusung tema “Berjalan di Alam Bersama Yesus dan Sahabat”.  Mengingat acara ini di adakan di alam, sehingga tema ini sangat berkaitan dengan acara yang diadakan. Acara ini merupakan wacana MCC dari 3 tahun yang lalu, dan akhirnya dapat diwujudkan pada tahun 2022 ini. Adapun peserta yang ikut serta lebih dari 50 orang yang meliputi orang tua, dewasa, dan anak-anak.

Pelaksanaan Mini Campore ini sangat di sambut baik oleh jemaat MCC maupun jemaat Mount Hermon, sehingga kegiatan Mini Campore dapat berjalan dengan baik. MG Budi Pardede (Jemaat Mount Hermon) dalam sambutannya mengatakan bahwa tidak menduga akan mendapatkan undangan dari MCC untuk bergabung dalam acara ini. Ia juga menjelaskan bahwa ini merupakan kali pertama untuk jemaat Mount Hermon mengikuti acara alam seperti ini, sehingga acara ini bisa menjadi bekal untuk jemaat Mount Hermon kedepannya.

Di hari pertama, tepatnya pada 14 Mei 2022, sekitar pukul 16:00 WIB, beberapa peserta sudah sampai di lokasi Mini Campore. Dimulai dari melakukan pengecekan tenda dengan bentuk letter U, hingga mengobservasi fasilitas dapur yang juga merupakan tempat terpenting dalam acara ini. Sembari menunggu kedatangan peserta lain, anak-anak terlihat asik bermain bola kaki di lapangan, dan juga bermain ayunan diikuti dengan tawa kecil yang menandakan kebahagiaan.

Memasuki matahari terbenam, seluruh peserta bersiap untuk tutup sabat, dengan bernyanyi, mendengarkan firman Tuhan, dan berdoa. Selesainya acara tutup sabat semua peserta Adventurer, Pathfinder, dan juga Master Guide berkumpul dilapangan untuk briefing megenai kegiatan apa saja yang akan dilakukan.

Kegiatan malam pertama dalam acara ini dinaungi oleh departemen PA di bawah pimpinan ketua PA yaitu Laura Sinambela dan departemen Rumah Tangga pimpinan Ibu Renta Sintinjak. Bepacu dalam melodi merupakan kegiatan pertama yang dilakukan, semua peserta baik anak-anak hingga orang tua ikut serta dalam kegiatan ini. Lalu diikuti dengan kegiatan kedua, yaitu permainan Tak Tik Boom. Semua peserta terlihat sangat antusias dan senang.

Rasanya camping belum lengkap tanpa api unggun. Maka, kegiatan malam pertama ditutup dengan penyalaan api unggun sambil menyanyikan lagu “Kemesraan”, dengan harapan tali silahturahmi ini dapat berjalan baik kedepannya. Pada pukul 23:30 semua peserta dipersilahkan untuk istirahat.

Hari kedua, 15 Mei 2022 kegiatan pertama dinaungi oleh departemen Pathfinder dibawah pimpinan Direktur Pathfinder MG Judith Purwanto. Peserta adventurer, Pathfinder, dan juga Master Guide bergegas bangun pada pukul 04:30 WIB. Kegiatan hari kedua dibuka dengan renungan pagi oleh MG Pendeta Andrey Daymbani. Setelah renungan pagi, seluruh peserta bersiap untuk membersihkan tenda masing-masing, sarapan pagi, dan mempersiapkan diri untuk pembukaan Mini Campore dengan menggunakan seragam tipe A.

Pada pukul 09:00 WIB, upacara pembukaan Mini Campore resmi di selenggarakan. Setelah mengikuti upacara, para peserta mengikuti kelas-kelas kepahaman. Kelas pertama dimulai dengan kelas Peraturan Baris Berbaris (PBB) yang diajarkan oleh kakak Pembina MG Julia Daymbani dan MG Dione Sherly. Diikuti dengan kelas kedua, kelas Navigasi oleh MG Heinz Yeremias. Kelas ketiga yaitu kelas First Aid yang dipimpin oleh MG dr. Beatrix, MG Budi Pardede, dan MG Octavianus Supusepa. Lalu kelas Adventurer mengikuti kegiatan menggambar hari-hari penciptaan yang dipimpin oleh MG Niska Siahaan, MG Yeni Napitupulu, MG Ayu Andira, dan MG Lermi.

Sebelum memulai kegiatan di malam hari, seluruh peserta mengikuti renungan malam yang di pimpin oleh MG Pendeta Witson Simangunsong (Jemaat Mount Hermon). Agar tidak jenuh dimalam harinya, koloborasi antara 3 departemen membuat permainan yang diikuti seluruh peserta. Dimulai dari permainan tebak lagu, mengangkat bola pimpong dengan sumpit, dan tebak gambar. Pada pukul 22:00 WIB seluruh peserta dipersilahkan untuk istirahat.

Hari ketiga, 16 Mei 2022 yang merupakan hari terakhir dalam acara Mini Campore MCC dan Mount Hermon. Seluruh peserta dibangunkan lebih awal yaitu pukul 04:00 WIB untuk kegiatan Track and Trail. Namun sebelumnya Adventurer dan Pathfinder memulai dengan renungan pagi yang di pimpin oleh MG Judith Purwanto. Setelah renungan pagi, seluruh peserta Adventurer dan Pathfinder diberi waktu untuk mempersiapkan diri dan membawa bekal seperti air mineral. Kegiatan Track and Trail menempuh jarak kurang lebih 3 KM. sesampainya ditujuan Track and Trail peserta melakukan tugas untuk berfoto dengan sesuatu yang berbau alam seperti pohon, air, batu, dan lain sebagainya.

Setelah itu seluruh peserta kembali ke Villa Ayam Jago untuk melakukan aktivitas lainnya. Kegiatan kedua pada hari ketiga peserta Adventurer dan Pathfinder mengikuti kelas kepahaman. Kelas kepahaman pertama adalah Back packing yang di pimpin oleh MG Octavianus Supusepa. Lalu dilanjutkan dengan kelas kepahaman kedua Tali Temali yang di pimpin oleh MG Glen Ticoalu.

Tidak hanya itu, di penghujung acara para peserta ikut serta dalam memainkan beberapa permainan, salah satunya memindahkan bola pimpong ke dalam botol yang berisi air dengan cara ditiup.  Acarapun ditutup dengan berkumpul bersama, dan dilanjutkan oleh ucapan terima kasih dari perwakilan MCC dan Mount Hermon. Kesan yang disampaikan dalam Acara Mini Campore ini disambut dan diikuti dengan sukacita oleh MCC maupun Mount Hermon.  (Ditulis Oleh:  Ayu Andira – Tim Komunikasi Jemaat Mt. Carmel)

Leave A Comment